- Back to Home »
- Landasan Pendidikan »
- Taksonomi menurut Rudy Bretz
Posted by : Shindy Arlina S.pd
Bretz dalam
Sadiman mengidentifikasikan ciri utama media menjadi tiga unsur pokok, yaitu:
suara, visual, dan gerak.
Media visual
sendiri dibedakan menjadi tiga, yaitu: gambar, garis, dan simbol, yang
merupakan suatu bentuk yang dapat ditangkap dengan indera penglihatan. Di
samping ciri tersebut,
Bretz juga
membedakan antara media siar (telecomunication) dan media rekam (recording),
sehingga terdapat delapan klasifikasi media, yaitu:
- media audio visual gerak,
- media audio visual diam,
- media visual gerak,
- media visual diam,
- media semi gerak,
- media audio, dan
- media cetak. Secara lengkap dapai dilihat pada skema berikut ini.
Bila dilihat dari intensitasnya, maka indera yang paling
banyak membantu manusia dalam perolehan pengetahuan dan pengalaman adalah
indera pendengaran dan indera penglihatan. Kedua inderawi ini adakalanya
bekerja sendiri-sendiri dan adakalanya bekerja bersama-sama.
Media pembelajaran yang melibatkan indera pendengaran
(telinga) saja kita sebut sebagai media audio; media yang melibatkan indera
penglihatan (mata) saja kita sebut sebagai media visual; dan media yang melibatkan keduanya dalam satu proses pembelajaran kita sebut sebagai media audio visual.
Kemudian, bila dalam proses pembelajaran tersebut
melibatkan banyak indera dalam arti tidak hanya telinga dan mata saja maka yang
demikan itu kita namakan sebagai multimedia. Dengan demikian, media dalam proses
pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok besar, yakni sebagai audio
media visual, media audio visual dan multimedia.